Saturday 27 December 2008

Baan Muay Thai Club


Muay Thai atau Thai Boxing adalah olahraga yang berasal dari Thailand. Olahraga Muay Thai ternyata sudah cukup di kenal di Jakarta ini. Peminatnya pun tidak sedikit juga. Berawal dari hobi lalu akhirnya membuka klub khusus Muay Thai, yaitu Baan Muay Thai. Whatz Up berbincang-bincang dengan salah satu pengurus dari Baan Muay Thai, suatu klub di daerah ke Kemang. Berikut wawancaranya dengan Tasya Mohede, yang dimana adalah adik kandung dari Francois Mohede.

Bagaimana Baan Muay Thai ini bisa dibuka?


Awalnya dari diajak oleh kakak ipar saya ikutan olahraga Muay Thai. Awalnya latihan masih di suatu camp di daerah Panglima Polim. Lalu setelah berapa kali ikutan latihan, saya merasakan hasilnya dan memang benar-benar olahraga yang bermanfaat banget. Selain itu juga ternyata peminat Muay Thai banyak juga. Setelah berkonsultasi dengan Mas Karya, yang dimana adalah salah satu guru dari Muay thai dan mantan atlit Muay Thai Indonesia, terbentuklah klub Muay Thai ini, namanya Baan Muay Thai. Pemiliknya sendiri ada 5 orang, yang dimana salah satunya adalah kakak ipar saya Amara dan Mas Karya sendiri. Keinginan kita adalah untuk mengajarkan tehnik-tehnik Muay Thai kepada yang lain dan agar dapat ikut merasakan manfaatnya dari latihan Muay Thai ini.

Berdiri dari tahun? Mengenal olahraga Muay Thai udah berapa lama?

Berdirinya sendiri masih baru. Baru opening tanggal 3 Januari kemarin. Tapi saya kenal olahraga Muay Thai sendiri udah dari tahun 2002. Awalnya masih di Performa di daerah Panglima Polim.

Suka dukanya latihan Muay Thai?

Muay Thai ini olahraga yang seru, banyak tantangannya. Setiap bela diri memang ada tantangannya tapi untuk disini, olahraga ini ada seninya sendiri. Selain bisa untuk bela diri juga, badan pun menjadi lebih fit dan segar. Memang Muay Thai adalah olahraga yang keras dan berat, nggak menutup kemungkinan tangan jadi lecet, kaki biru-biru, telapak kaki jadi kapalan dan pastinya latihan fisiknya juga berat. Tapi dukanya itu semua bisa ditutup dengan serunya olahraga ini.

Untuk latihan disini ada hari apa aja?

Setiap hari Senin s/d Sabtu dari jam 9 pagi – 9 malam, kecuali untuk Sabtu dari jam 10 pagi s/d 3 sore. Setiap hari terdapat 4 kelas kecuali Sabtu hanya 2 kelas. Kelas-kelas yang ditawarkan juga berbeda-beda tergantung dari keinginan dan tujuan latihan dari setiap individu. Kelas-kelasnya ada Open Class (untuk semua member), My Muay Thai Class (disini diajarkan semua tehnik Muay Thai), private Muay Thai Class (sama seperti My Muay thai Class hanya disini sifatnya private aja), Cardio muay Thai Class ( lebih diutamakan untuk pembentukkan, hanya diajarkan basicnya Muay Thai dan lebih bermain speed daripada tehnik karena untuk pembakaran) dan yang terakhir ada kelas buat anak kecil juga Kids muay Thai Class. Anak kecil disini untuk umur 6 – 12 tahun. Yang tentunya latihannya nggak akan seberat kelas orang dewasa.

Biayanya?


Untuk My Muay Thai Class, 4x pertemuan Rp. 250.000,- dan 8x pertemuan Rp. 550.000,-. Untuk Cardio Muay Thai Class 8x pertemuan Rp. 350.000,- dan diberlakukan juga single visit Rp. 50.000,-. Untuk Private muay Thai Class, 4x pertemuan Rp. 520.000,- dan 8x pertemuan Rp. 920.000,- sedangkan untuk kelas Kids 4x pertemuan Rp. 350.000,-. Kita juga bisa untuk personal training. Disini lebih difokuskan untuk seperti untuk keperluan syuting yang dimana memerlukan adegan-adegan bela diri Muay Thai dan butuh pelatih. Disini harganya nggak tetap jadi negotiable.

Alat-alat yang diperlukan sebelum latihan Muay Thai?

Hanya bandage dan gloves. Itu juga bisa dibeli disini. Nggak perlu sepatu karena kita latihan pun dengan tanpa sepatu.

Fasilitas yang didapat oleh member disini apa aja?

Ruangan yang ber AC, tapi kalo latihan dimulai AC pun akan dimatiin, loker, kamar mandi yang bersih, Minuman gratis, tempat yang strategis dan jam yang fleksibel.

Benefit dari latihan Muay Thai sendiri?

Selain bisa untuk bela diri, pembakarannya pun cepat dan badan jadi ok tentunya. Badan pun jadi fit, nggak cepet cape. Saya pun jadi PD mau kemana aja karena olahraga ini bisa jadi alat bela diri saya kalo kemana-mana. Apalagi jaman sekarang udah banyak kejahatan dimana-mana, jadi setiap cewek harus di bekali bela diri.

Mayoritas yang latihan Muay Thai ?

Sama rata kok cewek dan cowok. Tapi biasanya cewek ngambil yang cardio, karena untuk pembakaran. Basicnya sama aja kalo di Cardio karena tetap diajarkan basicnya Muay Thai kalo mau ada bela dirinya juga.

Pendirinya siapa aja?

Ada 5 orang, Mas Karya, Amara, Cali, Nadia dan Lumongga.

Olahraga Muay Thai sendirikan adalah olahraga berat, sangat tidak dianjurkan buat orang yang punya penyakit apa?


Yang pastinya hindari yang memiliki penyakit jantung.

Sekian bincang-bincang dengan Tasya. Kalo kamu berminat untuk mendalami olahraga Muay Thai ini, datang saja ke Baan Muay Thai Club di Wisma Semeru Ground Floor di Jl. Taman Kemang no. 18 kebayoran Baru, telp. 081513656913 (Cali) atau 99000112 (Frans).

0 comments: